Sejarah RS Surya Asih Pringsewu


Pada tahun 1982 profesi sebagai tenaga medis tidak langsung menjadi  tumpuan  masyarakat  sekitar terhadap pelayanan masyarakat khususnya   dibidang   kesehatan.  Keadaan   tersebut   menjadi  alasan tersendiri untuk  mendirikan BPS dengan  tiga  buah  tempat  tidur.  Peningkatan pelayanan kesehatan terus  diupayakan sehingga pada tahun 1984 BPS tersebut menambah fasilitasnya  menjadi 8 buah tempat tidur.   Mengingat  laju   pertumbuhannya  yang   cenderung meningkat,  maka  pada   tahun  1986  didirikanlah   Rumah  Bersalin “Surya  Asih”  Pringsewu  dengan 16 tempat  tidur.  Selanjutnya  pada tahun 1992  ditambah tempat  tidurnya   menjadi  25 buah.

Mengingat   kebutuhan   terhadap   peningkatan  fasilitas  dan pelayanan kesehatan masyarakat yang semakin mendesak, maka pada tahun 1997 dibuatlah  kamar  operasi lengkap dengan peralatan yang mendukungnya.  Selanjutnya   pada  tahun 2000 Rumah Bersalin Surya Asih dikembangkan menjadi Rumah Sakit Surya Asih dengan melengkapi fasilitas, tenaga medis dan paramedis serta meningkatkan pelayanan.

Dengan berkembangnya Kecamatan Pringsewu menjadi Kabupaten Pringsewu, RS Surya Asih pun turut serta berupaya mendukung pembangunan Kabupaten Pringsewu terutama di bidang kesehatan. Hasil   pengamatan  menunjukkan  bahwa  peningkatan jumlah penduduk di kabupaten Pringsewu terus berkembang, baik penduduk pribumi maupun pendatang. Oleh karena itu, RS Surya Asih terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, baik dengan penambahan fasilitas, sumber daya manusia, dan pelayanan.